Kekuatan rasa adalah daya dorong yang sangat kuat, ia berjalan tanpa beban, dan selesai tanpa dirasa.

Puasa bagi anak pada dasarnya sulit, karena harus menahan makan dan minum dari subuh hingga maghrib, belum lagi malamnya ikut tarawih dan paginya harus bangun sahur.

Namun kesulitan itu akan berubah menjadi kemudahan jika kita sebagai orang tua/guru mampu mebuat suasana hangat dan bersahabat.

Tips agar anak-anak senang puasa antara lain:

1. Sertakan anak-anak kita dalam menyiapkan menu berbuka/sahur.
hal ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi mereka.

Seperti ikut ke pasar, memilih bahan makanan yang halal dan sehat, mengetahui ilmu dasar jual beli, membantu bawaan yang ringan, dan memasaknya saat sampai di rumah.

Namun masalahnya tidak semua orang tua mau melakukan kebersamaan ini dengan anak-anaknya, mereka memilih tidak mau ribet dengan menu buka puasa/sahur, beli jadi/pesan-antar dari jasa online.

2. Beri tugas di saat waktu luang
Jangan biarkan anak-anak kita diam tanpa aktivitas. Hal ini akan mengingatkan ia akan kondisi perutnya yang kosong.

Berilah tugas yang ringan agar ia tidak merasakan lapar, seperti mengggambar, menulis, melukis, merangkai balok dan lainnya.

Kecuali disaat waktu istirahat tidur siang, lebih baik digunakan untuk tidur siang daripada diberi tugas.

3. Ajaklah rekreasi di tempat yang nyaman
Rekreasi tidak harus di tempat yang rame atau mall. Tapi cukup di taman komplek, area lapangan dekat rumah, halaman masjid, rumah temannya, rumah teman orang tuanya.

Kegiatan ini akan membuat anak tidak ingat dengan rasa lapar yang ia rasakan, tapi ingat, jangan lama-lama, apa lagi saat main di tempat temennya sampai berbuka, nggak enak kan kalau temannya harus nyiapin menu berbuka. hehe

4. Menonton film yang positif
Aktivitas menonton film bisa dijadikan untuk menunda rasa lapar, karena saat menonton anak-anak akan larut dalam kisah yang ada di dalam film tersebut.

Pilihlan film anak yang baik, tidak disarankan melihat film kartun di TV, karena tidak semua film kartun di TV memuat nilai-nilai positif.

5. Jangan lewatkan sahur
“Tasahharuu fainna fissahuri barokah”: sahurlah kalian, karena di dalam sahur itu ada keberkahan HR. Bukhari dan Muslim.

Sahur sangat penting bagi siapa saja, tidak hanya bagi anak-anak. Namun bagi anak-anak akan lebih penting lagi.

Orang dewasa kebanyakan kuat sampai maghrib walaupun tidak sahur, namun kalau anak-anak ? belum tentu bisa kuat

Bayangkan saja, jika seorang anak tidak sahur, ia hanya makan di saat waktu berbuka jam 18.00 saja, maka ia harus menahan makan dan minum selamat 24 jam.

Jika ia makan pada pukul 21.00 sepulang dari tarawih, maka ia menahan lapar selama 21 jam.

Demikian tips dari kak Adin agar anak senang dan mudah menjalankan ibadah puasa. Semoga bermanfaat bagi kita semua.aamiin…

4 thoughts on “Agar Anak Senang Berpuasa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *